Home » Ulead Video Studio » Mengedit Video dan Gambar Menggunakan Ulead Video Studio

Mengedit Video dan Gambar Menggunakan Ulead Video Studio

November 2010
M T W T F S S
« Oct   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

A.  Interface Ulead Video Studio

Interface adalah antarmuka aplikasi yang bertujuan menjelaskan secara singkat langkah-langkah yang dilakukan dalam mengedit sebuah film. Untuk informasi yang lebih dalam ikuti petunjuk-petunjuknya pada setiap panel langkah-langkah  secara berurut.

1.  Step Panel : berfungsi untuk menampilkan tombol-tombol pengaturan  dalam pengeditan video yang disesuaikan dengan jenis step panel-nya.

2.  Menu Bar : berfungsi untuk menampilkan menu yang digunakan untuk melakukan pengaturan dalam pengeditan video.

3.  Preview Window : berfungsi untuk menampilkan clip, video filter, effect atau title yang aktif atau sedang digunakan.

4.  Navigation panel : panel navigasi menyediakan tombol-tombol pemutar ulang video project dan tombol untuk melakukan pemotongan clip secara tepat.

5.  Toolbar : berisikan tombol-tombol untuk melakukan perubahan tampilan settingan project.

6.  Project Timeline : tempat untuk menampilkan seluruh klip, judul dan efek-efek yang ada pada project.

7.  Options Panel : panel yang berisi pengontrol, tombol-tombol dan informasi lain yang dapat digunakan untuk menyesuaikan pengaturan-pengatura pada clip yang dipilih. Isi dari panel akan berubah tergantung pada jenis step panel  yang sedang digunakan.

8.  Library :  tempat menyimpan dan mengorganisir seluruh jenis media clip yang akan digunakan.

B.  Mengatur Tampilan User Interface (UI)

User Interface (UI) pada Ulead Video Studio dapat dirubah sesuai selera pengguna, artinya letak posisi monitor, panel properties dan lainnya dapat dipindah-pindah sesuai selera pengguna.

Untuk mengganti atau mengatur tampil UI, pilih menu File > Preference , sehingga muncul jendela Preference, kemudian pilih tab UI Layout.

Di tab Layout tersebut pilih salah satu dari 4 jenis jenis layout yang ada dan bentuk tampilannya dapat dilihat disisi kanan. Klik tombol OK untuk mengakhiri pengaturan.

C. Mengatur setingan video

Setingan Video adalah pengaturan yang dilakukan pada project untuk menentukan hasil akhir video yang buat, misalnya dalam hal menentukan format warna video, Display aspect ratio video, format video, ukuran display video, jenis suara video dan lainnya.

Setingan video biasa dilakukan sebelum project dimulai namun dapat juga dilakukan setelah project selesai atau saat project akan di render. Dan hasil pengaturan setingan akan ditampilkan di Title Bar.

Untuk melakukan setingan pada project dapat dipilih dari menu File > Project properties, sehingga muncul jendela project properties.


Gbr.: Properties Untuk Pengaturan Kualitas Film

Perhatikan pada area project template properties, Informasi yang ditampilkan adalah informasi setingan standar ulead, dan dapat diganti dengan setingan lain dengan cara klik tombol edit. kemudian aturlah sesuai kebutuhan.

Hal-hal yang perlu di atur dalam setingan video ialah :

1.    Format Warna.

Format warna terbagi 2, yaitu :

a. NTSC (National Televison Standard Committe)

b. PAL (Phase Alternating Line)

2.    Format file video

Yaitu jenis file video yang akan digunakan.

3.    Display Size

Yaitu untuk menentukan ukuran tampilan resolusi gambar yang akan dihasilkan. Contoh :

4.    Nilai Frame perdetik (Fps)

Yaitu untuk menentukan kualitas kehalusan gambar/video saat diputar, dimana sejumlah frame akan ditampilkan dalam 1detik, semakin tinggi jumlah frame yang akan ditampilkan dalam  maka akan semakin halus gerakannya..

5.    Display Aspect Ratio

Yaitu untuk menentukan ratio bentuk tampilan layar gambar, apakah 16:3 (untuk tampilan layar lebar/bioskop, yaitu tampilan melebar sehingga terdapat sisi hitam dibagian atas dan bawah monitor) atau 4:3 (untuk tampilan layar kaca/layar televisi)

nantikan tutorial selanjutnya……….

referensi : Muhammad Zunaidi. Mkom

Membuat Efek Guntur

Ulead Video Studio merupakan aplikasi yang mudah digunakan dalam mengolah video,audio dan gambar, disini saya katakan mudah karena ulead didesain dengan tampilan windows yang sederhana, menunya juga sederhana namun sangat power full hasil editannya. Dalam pembuatan efek misalnya ulead menyediakan berbagai efek yah…boleh dikatakan cukup menarik dan baiklah untuk pengolahan edit photo dan video seperti acara pernikahan dll namun jika untuk membuat efek yang lebih kontras seperti film-film animasi itu loh…saya rasa Ulead belum bisa digunakan untuk membuat efek-efek seperti itu kerena memang Ulead didesain apa adanya tidak seperti kawan-kawan ulead yang lain seperti Adobe Premiere, Adobe After Effects, Pinnacle dll aplikasi-aplikasi tersebut memang didesain untuk mengedit dan membuat efek-efek yang lebih kontras, namun disamping itu penggunaanya pun cukup rumit karena dibutuhkan nalar logika, pintar matematika, dan imajinasi tingkat tinggi…walah kok jadi ceramah yach…he…he..he..

Baiklah saya akan sharing sedikit bagaimana membuat gambar seolah-olah bergerak disertai hujan dan guntur, berikut langkah-langkahnya :

1. Buka aplikasi Ulead Video Studio anda.

2. Pada combobox Gallery pastikan sudah terpilih Image dan pastikan juga pada Frame Track terpilih Timeline View seperti ini :

dan akan tampil satu gambar dengan nama 101.jpg bawaan dari Ulead Video Studio.

3. Klik gambar tersebut dan drag ke Frame Track dan latakkan pada bagian Video Track

4. Tambahkan durasi dengan cara klik tahan pada sisi kanan gambar trus drag kira-kira 6.30.29

5. Kemudian pada combo Gallery pilih Video Filter

6. Cari effek dengan nama Lighting kemudian klik drag satukan dengan objek gambar

7. Pilih Customize Filter kemudian ubah pengaturannya menjadi seperti ini aktifkan checkbox Random Lighting, pada interval : buat menjadi 2 secon, kemudian pada scroll timingnya anda klik kemudian tarik ke arah kanan sesuaikan durasinya setelah selesai kemudian klik tanda Add keyframe lakukan langkah tadi berulang dan buat seperti gambar dibawah ini :

lalu pilih ok..Coba anda jalankan..

8. Selanjutanya kita akan membuat efek gambar seolah-olah bergerak, yaitu dengan cara pilih pada tab image lalu pilih Pan & Zoom.

9. Klik combobox yang ada  sebelah Customize lalu pilih efek terserah anda, disini saya memilih efek bergerak dari kanan ke kiri.

coba anda jalankan dengan memilih tombol Play..

Anda juga bisa menambahkan berbagai efek-efek lainnya seperti efek rain yaitu efek hujan dll, nah mudahkan menggunakan Ulead Video Studio…

Selamat Mencoba.


6 Comments

  1. Cvzay says:

    untuk menyimpan file tersebut gimna caranya ??

  2. muhlis says:

    efek transisinya pake format apa, trus misal mw tambah efek2 lain apa bisa?

  3. nafis says:

    gan ane pakai Corel Video studio X6. setting supaya yg hitam nanti atas bawah gmana gan…?

  4. arie syahputra says:

    cara memotong videonya gmn,trus klu mau memasukkan teks kedlm video yg kita edit gmn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: