Salamilmu's Blog

Home » Tips & Trik » Cara Mudah Membangun Website Menggunakan PHP Maker

Cara Mudah Membangun Website Menggunakan PHP Maker

August 2011
M T W T F S S
« Feb   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Mungkin para web  master sudah kenal dengan beberapa fendor yang memproduksi beberapa produk website deployment  untuk membuat website baik yang berfungsi hanya untuk memposting tulisan yang bisanya menggunakan wordpress.com atau yang lebih gampang menggunakan blogspot.com, multiply dll atau yang menggunakan koneksi database.
Dalam perkembangan teknologi sekarang ini banyak sekali perusahaan-perusahaan yang terus berinovasi mengeluarkan produk-produknya guna mempermudah clientnya dalam mengolah sebuah poject seperti pembangunan sebuah website yang apalagi website tersebut dituntut untuk terkoneksi dengan database yang berkaitan dengan transaksi.

Beberapa aplikasi yang mungkin bisa anda gunakan untuk mempermudah proses pembangunan website yang terkoneksi dengan database dan melibatkan banyak transaksi yaitu antara lain:

  1. SQL Maestro

SQL Maestro merupakan salah satu fendor pembuat aplikasi berupa Database Management Solutions diantaranya PHP Generator, SQL GUI dan lain sebagainya.

Nah PHP Generator merupakan aplikasi deployment website bukan sekedar posting tetapi juga deployment website yang bisa kita koneksikan dengan database seperi MySQL, Oracle, Firebird,Sybase, Sql Server,DB2 dll. Jika tertarik silahkan kunjungi websitenya dan anda juga bisa mendownload beberapa aplikasi versi trial yang mungkin bisa anda gunakan dalam mengolah database berikut ini linknya : http://www.sqlmaestro.com/

 2.   PHP Maker

Bagi anda yang tidak pernah puas dalam mengoprek satu database saja, nah PHP Maker merupakan pilihan yang tepat bagi anda seorang web master yang ingin migrasi ke database lainnya, munkin selama ini anda hanya menggunakan MySQL dalam koneksi database, dengan PHP Maker satu aplikasi anda bisa mendeploy sebuah website dengan database lain contohnya Oracle, SQL Server dll.

PHP Maker merupakan salah satu produk website deployment yang didesain untuk bisa dikkoneksikan ke berbagai database. Saya akan mencoba memsimulasikan penggunaan PHP Maker dalam deploynment website yang menggunakan database dan disini saya akan menggunakan MySQL sebagai aplikasi databasenya. Ok langsung saja….

Yang pertama anda harus punya aplikasi PHP Maker terlebih dahulu dan bisa anda download versi trial disini :

http://www.hkvstore.com/phpmaker/

Kemudian instal seperti biasa anda menginstal sebuah aplikasi
Jika sudah selesai silahkan buka aplikasi PHP Maker anda  hingga tampilannya seperti dibawah ini :

Isikan data-data yang diminta pada PHP Maker seperti database type pilih jenis database yang anda inginkan disini saya menggunakan MySQL
Pilih nama server yang dituju, pada MySQL server default atau local adalah localhost
Isikan port yang aktif pada MySQL port default adalah 3306
Masukkan user contoh : root
Isikan password phpmyadmin anda : ******
Kemudian pilih database yang diinginkan disini saya menggunakan database dengan nama databaseku
Selanjutnya pilih tombol Connect…

Jika konfigurasinya benar maka akan tampil jendela di sebelah kiri seperti ini :

Selanjutnya pilih sebuah atau lebih tabel yang akan digunakan untuk transaksi, namun saya sarankan jika pemula lebih baik menggunakan satu tabel terlebih dahulu. Checklist pada tabel yang anda pilih hingga tampilannya seperti dibawah ini :

Langkah selanjutnya pilih tanda Storm untuk melakukan proses generate code PHP untuk selanjutnya dicompile menjadi scrift PHP

Kemudian atur Application root folder dan Destination folder seperti gambar dibawah ini :

Selanjutnya anda klik button Generate, jika ada pesan seperti ini abaikan saja dengan pilih OK

Pada tampilan jendela seperti ini pilih button Generate

Nah proses generate tadi akan menghasilkan berupa beberapa scrift PHP yang otomatis langsung tersimpan pada destination folder yang telah kita arahkan tadi

Tunggu  sampai selesai hingga menampilkan pesan seperti ini

Pilih Ok kemudian jangan lupa menyimpan project kita tadi karena suatu saat kita bisa bisa menambah atau mengurangi website yang akan kita garap tersebut…..

selanjutnya buka Browser Internet anda disini saya menggunakan Mozilla Firefox ….
Ketikkan localhost pada Address Bar browser anda secara otomatis akan terlihat beberapa folder, klik folder dengan nama contoh : hingga tampilannya seperti ini

Secara default PHP Maker akan membuat beberapa link eksekusi seperti view, edit, copy, dan delete. Nah mudah bukan anda bisa berkreasi lagi. PHP Maker juga dilengkapi dengan generate page login menggunakan user id dan password lho…
Jika ada waktu Insya Allah akan saya sambung lagi

Semoga Bermanfaat…..

Wassalam…


18 Comments

  1. Hafez Ottobi says:

    mantap..berguna sekali buat saya

  2. Nizal says:

    Mengenai aplikasi yang dijelaskan di atas, apakah sdr menguasai betul (sampai tingkat advance) salah satu aplikasi tsb (misal php maker). Saya tertarik utk kursus private dg sdr, atau sdr bisa mereferensikan orang lain, terima kasih.

    • AhmadIqbal says:

      saya hanya mengerti dasar penggunaannya aplikasi tersebut mas gak sampe advance lah, setau saya php maker juga bs di customize mas asalkan mas paham pemrogrman PHP. Kalo mas mau lebih mahir silahkan di coba-coba aja mas.

  3. Franz says:

    mas iqbal ada tutorialnya gk?.. klau ada mohon linknya donk..
    saya sudah bisa seperti diatas tinggal masalahnya bagaimana kita mengedit interface web yang kita buat..

    terima kasih..

  4. I’ve been exploring for a little bit for any high-quality articles or weblog posts on this sort of space . Exploring in Yahoo I ultimately stumbled upon this web site. Studying this information So i’m glad to show that I
    have a very just right uncanny feeling I discovered
    exactly what I needed. I such a lot unquestionably will make certain to
    do not forget this web site and provides it a look regularly.

  5. kidscicurug says:

    Untuk bisa konek ke database tentunya kita harus instal XAMPP atau WAMP..nah mas tidak sebutkan tuh di atas. Tanpa XAMP atau WAMP ya bakalan deh konek..

    • AhmadIqbal says:

      terima kasih atas koreksi kidscicurug
      Dalam hal ini saya pikir para programmer aplikasi web base pastinya sudah tau. Untuk membuat aplikasi berbasis web base haruslah menggunakan aplikasi pendukung yaitu web server karena tanpa itu maka aplikasi yang dibuat bakalan tidak akan bisa berjalan, makanya saya tidak terlalu detail harus menjelaskan cara menginstal aplikasi web server, database yang digunakan, sistem operasi yang digunakan, karena saya anggap sudah tau, dan banyak aplikasi web server yang bisa digunakan seperti Tomcat, LAMP, IIS, LIGHTTPD, Jigsaw dll, dan bukan cuma XAMPP atau WAMP yang bisa digunakan.

      terima kasih sudah berkunjung.

  6. DendikaNR says:

    untuk software nya dari mana mas ? saya ada tugas sekolah nih🙂

  7. mo nanya gan, kalau pake php maker keistimewaan atau dr segi keamanan ada pengaruhnya gk kalau kita bandingkan dengan koneksi mysql databasenya?

    • AhmadIqbal says:

      Sampai sekarang ini saya tidak tahu masalah tingkat keamanan dari aplikasi web yang dihasilkan dari PHP Maker, karena saya tidak oprek sampai sana, silahkan cari dari sumbernya langsung ya..

  8. suci says:

    mas saya mau tanya kalo cara buat ngelink, misalnya kita masukan Id_staf trus di php data staf itu harus ngelink dan tampil Nama Staf dengan id yang ditulis itu tampil bisa gk?

    • AhmadIqbal says:

      Bisa, gunakan perintah <a href="../viewpegawai.php?id_staf”>Edit
      dan pada file viewpegawai.php saya asumsikan berisi perintah menampilkan data pegawai.

  9. Louis Fredimadg says:

    Terlalu kecil screenshotnya

  10. licence name nya saya bisa download dimana yah ??/

  11. Rosalyn says:

    Hello there! This is my first visit to your blog!
    We are a team of volunteers and starting a
    new project in a community in the same niche. Your blog provided us useful
    information to work on. You have done a extraordinary job!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: